Wednesday, July 9, 2014

Bershadaqah tanpa harta

Mutiara Ramadhan (12)

Bershadaqah tanpa Harta

Jalan kebaikan dalam Islam sangatlah banyak. Tidak hanya dengan hartanya, seorang muslim bisa bershadaqah melalui banyak cara...

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu wa’ala alihi wasallam bersabda,

"Setiap seruas tulang dari seluruh manusia itu harus memberikan shadaqahnya pada setiap hari yang matahari terbit pada hari itu. Mendamaikan dengan cara yang adil antara dua orang adalah shadaqah, menolong seseorang pada kendaraannya lalu mengangkatnya ke atas kendaraannya itu atau mengangkatkan barang-barangnya itupun shadaqah, ucapan yang baik juga shadaqah, setiap langkah yang dijalaninya untuk pergi shalat juga merupakan shadaqah, menyingkirkan gangguan dari jalan termasuk shadaqah pula." (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Dan di hadits yang lain, dari Abu Dzarr radhiyallahu ‘anhu, para sahabat bertanya
“Wahai Rasulullah orang-orang kaya telah memborong pahala. Mereka shalat sebagaimana kami shalat, mereka berpuasa sebagaimana kami puasa, namun mereka dapat bershadaqah dengan kelebihan hartanya.”

Beliau kemudian bersabda,
“Bukankah Allah telah menjadikan bagi kalian apa-apa yang dapat kalian shadaqahkan? Sesungguhnya pada setiap tasbih ada shadaqah, pada setiap tahmid ada shadaqah dan pada setiap tahlil ada shadaqah, menyuruh kebaikan adalah shadaqah, melarang kemungkaran adalah shadaqah, dan mendatangi istrimu juga shadaqah.”

Mereka bertanya. “Wahai Rasulullah, apakah jika seseorang memenuhi syahwatnya itu pun mendatangkan pahala?”

Beliau bersabda, “Apa pendapatmu, bila ia menempatkan pada tempat yang haram, bukankah ia berdosa? Demikian pula bila ia menempatkan pada tempat yang halal, ia akan mendapatkan pahala.” (HR. Muslim)

Jadi, jalan untuk bershadaqah sangat banyak bukan? Tinggal dilaksanakan sesuai dengan kemampuan kita. Semangat!

Al Ustadz Wira Bachrun

WhatsApp Syi'ar Tauhid

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites