Sunday, November 16, 2014

DUDUK ORANG-ORANG YANG DIMURKAI

"DUDUK ORANG-ORANG YANG DIMURKAI

Dari Syarid bin Suwaid rodhiallohu'anhu, ia berkata:

"مر بي رسول الله صلى الله عليه وسلم وأنا جالس هكذا وقد وضعت يدي اليسرى خلف ظهري واتكأت على ألية يدي فقال لي : "أتقعد قِعْدة المغضوب عليهم "

"Rasulullah shollallohu 'alaihi wa sallam berlalu melintasi saya, dan saya duduk seperti ini, saya letakkan tangan kiriku di belakang punggungku dan aku betelekan/ bersandar/ bertopang di belakang tanganku. Maka beliau bersabda: 'Apakah kamu duduk dengan cara duduknya orang yang dimurkai?!'".

____________
HR. Ahmad: 18960, Abu Dawud: 4848, Ibnu Hibban: 5674.
Hadits ini diahohihkan Al-Hakim dan disepakati oleh Adz-Dzahabiy, Ibnu Muflih dalam Al-Adabusy Syar'iyyah dan Al-Albaniy dalam Shohih Sunan Abi Dawud.

Berkata Ath-Thibbiy rohimahulloh:

" والمراد بالمغضوب عليهم اليهود ، وفي التخصيص بالذكر فائدتان إحداهما : أن هذه القعدة مما يبغضه الله تعالى ، والأخرى : أن المسلم ممن أنعم الله عليهم فينبغي أن يجتنب التشبه بمن غضب الله عليه ولعنه "

"Yang dimaksudkan dengan 'yang dimurkai' adalah kaum Yahudi. Dan pada pengkhususan dengan penyebutannya di sini mengandung dua faidah:

1. Bahwa duduk seperti ini adalah perkara yang dimurkai Allah ta'ala.

2. Seorang Muslim yang telah diberikan nikmat oleh Allah, selaykanyalah untuk menjauhi perbuatan menyerupai kaum yang dimurkai dan dilaknat Allah".

Berkata asy-Syaikh Ibnul Utsaimin rohimahullah:

" هذه القعدة وصفها النبي صلى الله عليه وعلى آله وسلم بأنها قعدة المغضوب عليهم . أما وضع اليدين كلتيهما من وراء ظهره واتكأ عليهما فلا بأس ، ولو وضع اليد اليمنى فلا بأس ، إنما التي وصفها النبي عليه الصلاة والسلام بأنها قعدة المغضوب عليهم أن يجعل اليد اليسرى من خلف ظهره ويجعل باطنها أي أليتها على الأرض ويتكئ عليها ، فهذه هي التي وصفها النبي صلى الله عليه وسلم بأنها قعدة المغضوب عليهم "

"Duduk seperti itu disifatkan oleh Nabi Shollallohu 'alaihi wa sallam sebagai duduknya orang yang dimurkai, adapun jika duduknya dengan meletakkan kedua tangan di belakang dan bersandar dengan keduanya, itu tidaklah mengapa, dan juga bila meletakkan tangan kanan saja di belakang itu tidaklah mengapa, yang disifatkan oleh Nabi shollallohu 'alaihi wa sallam sebagai duduknya orang dimurkai adalah dengan meletakkan tangan kiri di belakang punggungnya dan ia letakkan pantatnya duduk di bumi dan iapun bersandar kepadanya, ini yang disifatkan Nabi dengan duduknya orang yang dimurkai". [Syarh Royadhush-Shōlihin]

Berkata Asy-Syaikh Abdulmuhsin Al-Abbad hafidhzohulloh:

"  جاء في الحديث وصف هذه الجلسة بجلسة المغضوب عليهم هذا يدل على التحريم "

"Datang dalam hadits ini pensifatan duduk ini denhan duduknya orang yang dimurkai, ini menunjukkan akan pengharaman".

"شرح سنن أبي داود" (28 / 49) .
[Syarh Sunan Abi Dawud: 49/ 28]

    =[Majmù Al-Fawāid]=

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites