Saturday, November 1, 2014

Di antara Bentuk TARBIYAH

FAIDAH KELUARGA SAKINAH ISLAMIYYAH.

Di antara Bentuk 'TARBIYAH'

            
           

السؤال الثاني من الفتوى رقم ( 14755 )

س 2: ما هي الطريقة الناجحة للأبوين في تربية أولادهما؟

ج 2: الطريقة الناجحة في تربية الأولاد هي الطريقة الوسـط التي لا إفراط فيها ولا تفريط، فـلا يكـون فيها عنف وشدة، ولا يكـون فيهـا إهمـال ولا مبـالاة. فيربـي الأب أولاده ويعلمهـم ويوجههم ويرشدهم للأخلاق الفاضلة والآداب الحسنة، وينهاهم عن كل خلق ذميم.
وبالله التوفيق، وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم.

اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء

http://www.ajurry.com/vb/archive/index.php/t-3862.html

Soal:
Bagaimana metode yang benar bagi kedua orang tua dalam mentarbiyyah (mendidik) anak-anak mereka?

Jawab:
Metode yang benar dalam mentarbiyah anak-anak adalah metode pertengahan, yaitu tidak berlebih-lebihan (ekstrim) dan tidak pula menyepelekan (menelantarkan), sehingga tidaklah dengan metode kekerasan dan tidak pula dengan menyepelekan/ bermudah-mudahan dan tanpa kepedulian.

Maka, hendaknya orang tua mendidik mereka, mengajari mereka, membimbing serta memberikan pengarahan kepada mereka kepada akhlaq yang terpuji lagi indah dan melarang mereka dari segala akhlaq yang jelek dan tercela.

Semoga Alloh memberi taufik, sholawat serta salam dan salam kepada Nabi kita, juga pada keluarga dan shohabatnya.

[Kumpulan Ulama' dalam Lembaga Resmi Untuk Fatwa dan Riset Ilmiyyah Saudi Arabia]

http://www.ajurry.com/vb/archive/index.php/t-3862.html

〰〰〰〰〰

والتربية الصحيحة ترتكز على العقيدة الصحيحة وتصفيتها، وإبعاد كل ما يشوبها من الشوائب، وتنشئة الشاب، وتنشئة المجتمع، وتنشئة الناس جميعًا على هذه العقيدة الصحيحة، والمنهج السليم؛ المنهج المتوافق مع كتاب الله، وسنة رسوله، وما كان عليه سلفنا الصالح وما كان عليه النبي – صلى الله عليه وسلم – وأصحابه، والسلوك القويم؛ السلوك المنضبط بالأخلاق الإسلامية العالية، وبالأدب الرفيع الذي عليه سلف هذه الأمة، وعليه أيضًا عقلاء الناس في كل مكان، فهم يحبون الأدب، ويحبون الأخلاق العالية، وهو أمر مجبولة عليه الفطر، والبعد أيضًا عن كل ما يفسد هذه الأمور وهذه الأسس، من مظاهر الشرك، والانحرافات العقدية والبدع، وتطهير الأمة أيضًا من البدع، وتطهير الأمة من السلوكيات والأخلاقيات المنحرفة، البعيدة عن المنهج السليم، وعن الفطرة السلمية.

Dan tarbiyah (pendidikan) yang shohihah (benar) adalah yang tertancap tegak di atas Aqidah Shohihah dengan kesuciannya, dan jauh dari segala yang mengotorinya dari kerusakan-kerusakan.

Kemajuan masyarakat dan manusia seluruhnya di atas aqidah shohihah ini dan manhaj yang salim, manhaj yang sesuai dengan kitab Alloh dan Sunnah Rasul-Nya serta Salafush Sholih, segala yang telah dijalani oleh Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam dan para shohabatnya.

Dan etika yang qoyyim (lurus) adalah etika norma-norma kehidupan yang terikat dengan akhlak perilaku islami yang terpuji lagi mulia, adab-adab yang terpuji adalah adab perilaku yang telah ditunjukkan oleh generasi Salaf dari Ummat ini, yang juga telah diterapkan oleh manusia-manusia yang berakal cerdas dari ummat ini pada setiap tempat, yang mereka itu sangat mencintai adab dan akhlak yang terpuji, dan perkara itu juga merupakan perkara yang memang lahiriyah sesuai dengan fitrah, mereka juga menjauhi segala hal yang bisa merusak kemuliaan tersebut dan merusak pondasi penting ini, dari kesyirikan, penyimpangan aqidah dan bid’ah.

(Dan bentuk tarbiyah juga: -penj.) Pembersihan ummat dari segala bid’ah, akhlak yang tercela yang menyimpang dari manhaj yang salim dari fitrah yang salimah.

Sumber:
Muhādhoroh dg judul:

[التربية على ضوء أهل السنة والجماعة]

http://www.assakina.com/mohadrat/24401.html

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites