Friday, June 27, 2014

Kokohlah bersama ulama dalam menghukumi seseorang

Kokohlah bersama Ulama dalam Menghukumi seseorang.
〰〰〰〰〰〰〰〰

Asy-Syaikh Ahmad An-Najmy rohimahulloh:

السؤال : هل يجوز لطالب العلم المتمكن أن يبدع أو يكفر أم أن هذا لأهل العلم خاصة ؟

الجواب : لا يجوز لطالب العلم المبتدئ أن يبدع أو يكفر إلا بعد أن يتأهل لذلك، و عليه إسناد الأمر لكبار أهل العلم خاصة، لأن الله تعالى يقول : ولو ردوه إلى الرسول و إلى أولي الأمر منهم لعلمه الذين يستنبطونه منهم.

Tanya: Apakah boleh bagi seorang penuntut ilmu yang telah memiliki ilmu yang kuat untuk membid’ahkan atau mengkafirkan? Atau ini adalah hanyalah bagi para Ulama secara khusus saja?

Jawab:
Tidak boleh bagi seorang penuntut ilmu yang baru, untuk membid’ahkan atau mengkafirkan kecuali memang dai telah ahli dalam hal tersebut, dan ia harus menyandarkan perkara itu kepada para Ulama yang besar yang khusus, sebab Alloh berfirman:

رَدُّوهُ إِلَى الرَّسُولِ وَإِلَى أُولِي الأمْرِ مِنْهُمْ لَعَلِمَهُ الَّذِينَ يَسْتَنْبِطُونَهُ مِنْهُمْ

“Dan kalau mereka menyerahkannya kepada Rasul dan ulil Amri di antara mereka, tentulah orang-orang yang ingin mengetahui kebenarannya (akan dapat) mengetahuinya dari mereka” QS. Annisa: 83.
 
(Sumber: Al-Fatāwā al-Jaliyyah, juz: 2)

〰〰〰〰〰〰〰〰

Asy-Syaikh Sholih Al Fauzan hafidhzohulloh.

السائل : هناك من يزهد في الردود ويرى أن هذا تفريق للأمة وربما زهدوا فيمن يردون على أهل البدع والضلال وهناك من يرى عدم الخوض في الردود والتكلم في أخطاء طلبة العلم والدعاة إذا أخطأوا ونأمل التوجيه حيال ذلك ؟

فأجاب حفظه الله : 
الردود على قسمين : 
الردود الصادرة عن أهل العلم والمعرفة والبصيرة لبيان الحق ودحض الباطل فهذه ردود مفيدة ولابد منها. 
أما الردود التي تصدر عن الجهال والطلاب غير المتمكنين أو الردود التي تصدر عن أهواء ورغبات فهذه ردود لا تجوز لأنها تضر ولا تنفع .
أما الردود الصحيحة الصادرة عن أهل العلم المعتمدة على بيان الحق لا على الهوى فهذه لابد منها لأنه لا يجوز السكوت عن أهل الضلال ينشرون ضلالهم ويغررون بالأمة وشباب الأمة .
الإجابات المهمة في المشاكل الملمة الجزء الثاني

Tanya:
Di sana ada orang yang enggan membantah dan menganggap bahwa hal ini bisa menimbulkan perpecahan di tengah ummat, dan mereka enggan untuk membantah ahli bid’ah dan tokoh-tokoh kesesatan. Dan juga ada di sana orang-orang yang yang berpandangan tidak bolehnya berdalam-dalam membahasa bantahan dan menyebut kesalahan para penuntut ilmu serta da’I jika mereka melakukan kesalahan.
Dan kami memperhatikan bagaimana pengarahan menghadapi keadaan seperti itu?

Jawab:
Bantahan itu ada dua jenis:

-Bantahan yang datang dari ahli ilmu dan ma’rifah serta bashiroh utnuk menjelaskan al-Haq dan membantah kebatilan, jenis ini adalah bantahan yang sangat berfaidah dan merupakan sebuah keharusan.

-Dan bantahan yang datang dari orang-orang yang bodoh, atau para penuntut ilmu yang belum sampai derajat kokoh keilmuannya, atau bantahan yang datang dari hawa nafsu dan semangat-semangat belaka, maka ini merupakan bantahan yang tidak dibolehkan, menyebabkan kerusakan dan tidak bermanfaat.

Adapun bantahan yang benar adalah yang datang dari ahli ilmu yang kokoh dalam memnjelaskan al-Haq dan bukan karena hawa nafsu. Yang demikian adalah keharusan, sebab tidak boleh baginya untuk diam dari orang-orang sesat dan menyebarkan kesesarannya, menipu ummat dan para pemuda.

(Sumber: al-Ijābah al-Muhimmah fi al-Masyākil al-Mulimah, juz: 2)

��Dengan penjelasan para Ulama inilah, kita katakan bahwa: menghukumi seseorang itu sesat, mumayyi' atau keluar dari ahlussunnah, dikembalikan kepada para Ulama.

Wallohu'alam.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites