Thursday, August 28, 2014

Yang Harus dilajukan Ketika Shalat Jum'at

Dari Abu Hurairah -radhiyallahu 'anhu- berkata:

Rasulullah -shalallahu 'alaihi wa sallam- bersabda:

إذا قلت لصاحبك أنصت يوم الجمعة والإمام يخطب فقد لغوت

"Jika engkau berkata kepada temanmu: diamlah!! -pada hari jum'at dan imam sedang berkhutbah- maka sungguh engkau telah lalai".
Muttafaqun 'alaih.

Beberapa permasalahan seputar mendengarkan khutbah jum'at yang sering terjadi:

Jika khutbah tsb tidak terdengar disebabkan jauhnya jarak atau perkara lainnya maka apakah yang harus dilakukan??

Hendaklah ia berdzikir kepada Allah pada dirinya (tidak dikeraskan).

Inilah pendapat Alqomah, Atho', Said bin Jubair, An Nakhai, Asy Syafi'i, Ats Tsaury, Ahmad bin Hanbal dan Ishaq -rahimahumulloh-.

Jika khatib berkhutbah dengan perkara yang bertentangan dengan syariat seperti bid'ah, khurafat, kesyirikan, mencela sahabat dll, maka apakah yang harus dilakukan??

Hendaklah ia tidak mendengarkan khutbah tsb dan menyibukkan diri dengan berdzikir kepada Allah serta beristighfar kepada-Nya pada dirinya.

Inilah pendapat jumhur ulama' -rahimahumulloh-.

Jika seorang berjalan dijalan raya (menuju masjid) dan mendengar khathib berkhutbah karena menggunakan pengeras suara, maka apakah wajib baginya untuk diam dan mendengarkan khutbah??

Tidak ada kewajiban baginya untuk diam bahkan diperbolehkan baginya untuk berbicara sampai ia masuk kedalam masjid, karena arah sabda Nabi -shalallahu 'alaihi wa sallam- diatas adalah diarahkan kepada para hadirin yang ada didalam masjid.
Dan ini adalah pendapat jumhur ulama'.

Jika ada seseorang yang berbicara ketika khathib sedang berkhutbah, maka apakah boleh bagi kita berisyarat* agar ia diam??

Berkata Ibnu Rajab -rahimahullah-:
"Tidak ada perbedaan pendapat dikalangan para ulama tentang bolehnya berisyarat kepadanya, kecuali apa yg dihikayatkan dari Thowus (menyelisihi pendapat tsb) namun itupun tidak shahih".
____
*isyarat maksudnya teguran dengan menggunakan gerakan tangan, kepala atau anggota badan lainnya tanpa mengeluarkan suara.

Jika khathib menyebut nama Nabi shalallahu 'alaihi wa sallam, apakah kita bershalawat kepadanya??

Pendapat yang kuat adalah hendaknya kita diam dan tidak bershalawat kepada Nabi shalallahu 'alaihi wa sallam karena telah datang keterangan khusus larangan berbicara ketika khathib berkhutbah.

inilah pendapat Ats Tsaury, Abu Hanifah, Al Laits bin Sa'ad, Asy Syafi'i, Malik, Ibnul Mundzir dll.
Wallahu a'lam.

ustadz Fauzan al-Kutawy

Silsilah Durus

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites