Sunday, July 27, 2014

TENTANG UCAPAN SELAMAT LEBARAN DAN TAKBIR DI HARI IED

TENTANG UCAPAN SELAMAT LEBARAN DAN TAKBIR DI HARI IED
Oleh : Al-Ustadz Musaddad Al-Kutawy

Pertanyaan [16]

Bismillah. Bagaimana hukumnya salam menyebar salam (ucapan selamat lebaran) di malam lebaran atau setelahnya.? Mohon penjelasan.

~Jawaban :
Yang kami ketahui dari amalan Nabi kita Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam dan para shahabatnya, tidak ada mereka melakukan hal tersebut. Termasuk takbiran yang banyak di lakukan oleh manusia.

Adapun setelah shalat ied maka ada dari perbuatan sekelompok shahabat mengucapkan ucapan selamat, sebagaimana yang di sebutkan oleh syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Majmu'Fatawa jilid 24/253 :

Ketika beliau ditanya masalah ini , maka bliau menjawab : adalah para shahabat jika berjumpa satu dengan yang lainnya mereka mengucapkan :

تقَبَّلَ اللهُ منَّا ومِنْكُم

(Semoga Allah menerima amalan kami dan amalan kalian)

Dan hal ini diberikan keringanan ( untuk melakukannya) oleh para imam, seperti imam Ahmad dan selainnya. Adapun imam Ahmad beliau berkata : saya tidak menduhui seorangpun dalam melakukannya, tapi jika ada yang mendului(mengucapkan) kepadaku maka saya membalasnya, karna membalas salam wajib(hukum)nya, maka siapa yang melakukannya ada yng mencontohkan (sekelompok sahabat) dan siapa yang tidak melakukannya juga ada contoh ( dari Nabi dan sebagian shahabat) .

~Sebagai catatan : Takbiran itu dilakukan oleh Nabi dn shahabatnya di awali ketika keluar rumah sampai ditempat shalat, dan berhenti ketika imam sudah berdiri untuk shalat ied. Dan takbiran ini dilakukan sendiri-sendiri. Allahu A'lam

#BBG Penyejuk Jiwa
Pin : 7CADECED

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites