Tuesday, July 29, 2014

BEBERAPA FAIDAH BERKAITAN DENGAN PUASA SYAWAL

BEBERAPA FAIDAH BERKAITAN DENGAN PUASA SYAWAL
Oleh : Al-Ustadz Musaddad Al-Kutawy

[15 ]. * Tinggal selangkah lagi ! maka akan mendapat pahala seperti berpuasa sepanjang tahun *

~ Wahai hamba yang cerdik ! Semoga Allah memudahkan engkau untuk mendapatkan kebaikan.
Maukah engkau mendapatkan limpahan balasan hanya dengan selangkah lagi ? Dengan menambah puasa sunnah setelah ramadhan, maka Allah akan melipat gandakan balasan bagi engkau.
Resapi , harapkan dan usahakan apa yang Nabi shallallahu alaihi wa sallam kabarkan :

عَنْ أَبِي أَيُّوبَ الْأَنْصَارِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى

اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِن

ْ شَوَّالٍ، كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ»

Dari Abu Ayyub Al Anshory radhiallahu 'anhu, bahwasanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :  "Barangsiapa yang berpuasa dibulan Ramadhan, kemudian mengikutinya dengan puasa enam hari di BULAN SYAWWAL, maka seperti puasa SEPANJANG TAHUN."   (HR. Muslim)

~ Beberpa perkara yang perlu di perhatikan

a. Ini adalah ke utamaan yang Allah persiapkan bagi siapa yang mau melakukannya dan meraihnya.

b. Ini akan di dapatkan bagi orang yang sempurna puasa ramadhannya kemudian di ikuti dengan puasa enam hari di bulan syawwal.

c. Kalau ada yang bolong puasanya di bulan ramadhan, maka dia tutup dulu (dengan mengqadha)nya sebagai bentuk mempersegera menunaikan kewajiban, kemudian baru melaksanakan puasa syawwal ( karna puasa syawwal hukumnya sunnah).

d. Kecuali jika qadha'nya banyak dan bulan syawwal hampir habis, terlebih lagi bagi perempuan yang sebahagian mereka bertepatan dengan masa haidh nya, maka boleh dia puasa syawwal dulu. kmudian mengqadha puasa ramadhan di bulan lain.

e. Pelaksanaan puasa syawwal bisa dengan cara berturut- turut dan bisa dengan cara terpisah / selang seling sepanjang masih di bulan syawwal.

~ Demikian sedikit ilmu tentang puasa syawwal yang kami simpulkan dari fatwa para ulama. Semoga Allah mudahkan kita dalam melaksanakannya dan meraih pahala yang berlimpah dengan sempurna.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites