Monday, September 29, 2014

Kilauan cahaya Lentera Sambut 10 Dzulhijjah

Kilauan cahaya Lentera
Sambut 10 Dzulhijjah

~Nasihat indah Pengguggah Iman dan tuntunan tuk bertakbir~

Dari seorang Ulama' Ahlussunnah Syaikh Al Àllāmah Muhammad bin Abdilwahhāb Al Wushobiy hafidhzohulloh:

Beliau berkata:

>> هي أيام طاعة أيام ذكر أيام تكبير
��ولا تنسوا التكبير المُطلق ولا التكير المُقيّد...
▪ فالتكبير المُطلق:
يبدأ من أوّل يوم من العشر، تكبير مُطلق ثلاثةَ عشرَ يوماً
»» من أوّل يوم من العشر إلى آخر أيام الـتّشـريق إلى غُروب شمس آخر أيام التشريق...
>> ومعنى مُطلق أنه يُقال في غير أدبار الصّلوات، هذا معنى مُطلق...
▫وأنـت مـاشـي.
▫وأنـت فـي الـدُّكَّان.
▫وأنـت فـي السّـيارة.
▫وأنـت فـي السوق.
▫وأنـت فـي المـزرعة.
▫وأنـت في العمـل.
▫وأنت فـي السّطوح.
▫وأنـت في الحـوش.
 هذا مُطلـق.

▪أما المـقيّد:
المقيّد بأدبـار الصّلوات...
��يبدأ من فجـر يوم عرفة، وينتهي بعصـر آخر أيام التشريق.

 التكبير المُقيّد:
المقيّد بأدبار الصلوات
 والتكبير المُطلق:

المُطلق في غير أوقات الصلوات، في الأوقات الأُخرى.

��وكلّـه لا يكون بصوت جماعـي
»» لا هذا ولا ذاك؛ كله لا يكون بصوت جماعي، وإنما كل واحد يكبّر لوحده،
��إذا سلّم الإمام من الصلاة فجر يوم عرفه إلى عصر آخر أيام التشريق
��تسلّم ثم تكبّرون الله:
اللـهُ أكبر، اللـهُ أكبر، اللـهُ أكبر، لا إلـه إلا اللـه
اللـهُ أكبر، اللـهُ أكبر، ولله الحـمد.
��سُئِل عنه الإمام أحمد بن حنبل -رحمة الله عليه- عن دليله فقال: "الإجـمـاع".

>> والإجماع يُعتبر أحد الأدلة الشّرعية
��وبعد أن تنتهي من التكبير، بعد ذلك تأتون بالأذكار المعروفة الّتي تُقال في أدبار الصلوات الخمس بعد الإنتهاء من التكبير المُقيّد.
▪وأما المُطلق: فكما سمعتم من أول العشر
وأنـت فـي طريقك، وأنـت فـي بيـتك، وأنـت فـي الحـوش، فـي الدّكـان، فـي السـوق، في الـمزرعة، فـي المكتـب، حيث أنت، في المصـنع...

��تكبرون الله كلّ واحد لوحده، (اللـهُ أكبر، اللـهُ أكبر، اللـهُ أكبر، لا إلـه إلا اللـه
اللـهُ أكبر، اللـهُ أكبر، ولله الحـمد).
��ثُم تُعيـد ثُم تُعيـد ثُم تُعيـد بما يفتح اللـه عليك »» شعيرة من شعائر الدّين.

��التكبير المُطلق، والتكبير المُقيّد من شعائر العيد >>> فأحيوا هذه السُنن
�� وأعظم الناس أجراً أكثرهم تمسُّكاً بالدّين، أعظمهم أجراً وأكثرهم أجـراً وأكثرهم ثواباً أكثرهم عملاً صالحاً وأكثرهم تمسُّكاًبالسّنة، وأكثرهم تطبيقاً للدين.

>>> بقدر عملك...
�� وبـعض النـاس يخجـل إذا كـبّر، يا سـبحان اللـه، الـمُغنّية تُغنّي وما تخجـل وأنت إذا ذكرت الله تخجـل؟!.
اللهم ثبّتنا.
�� هذا الخجـل في غير محله، أنت في طاعة، أنت في قُربـة إلى الله، أنت في شعيرة من شعائر الدّين أهملها بعض الناس
»» تخجـل إذا طبّقتهـا؟.
تُكبّر الله عزّ وجل
��وقد قال الله تعالى: {واذكروا الله في أيام معلومات}.
>>> والأيام المعلومات هي أيام العشـر
��وقال: {واذكروا الله في أيام معدودات}.
>>> والأيام المعدودات هي أيام التشريق: الأيام الثلاث التي بعد العشر.

��اذكر اللـه عزّوجل تخـجل من إيش؟.
من عمـل صالـح؟. >> فأحيوا هذه الشّعيرة.

�� وانتبهوا لا يلتبس عليكم المُطلق من المُقيّد، فتقوم تكبّر أدبار الصلوات من أول العشر، لا، أدبار الصلوات هذا المُقيّد: المقيّد من يوم عرفة إلى آخر أيام التشريق، "خمسة أيام" مقيّد بأدبار الصّلوات فقط ما فيه غيرها.
�� أما الأيام الأولى مُطلق في غير الصلوات الخمس.

المصدر:
http://goo.gl/cZUAN1
===============

Ini adalah hari-hari ketaatan, hari-hari dzikr, hari-hari takbir

Jangan kalian lupa dengan takbir muthlak dan takbir muqoyyad...

Adapun Takbir Muthlaq:
Dimulai sejak awalnya 10 hari pertama (Dzulhijjah -penj.), sehingga takbir mutlak ini sepanjang  13 hari.

»» Sejak hari pertama hingga hari terakhir dari hari-hari tasyriq pada saat tenggelamnya matahari di hari akhir dari hari-hari tasyriq tersebut...

Dan 'mutlak' itu maksudnya: diucapkan (dzikr2 tsb -penj.) selain pada waktu seusai sholat-sholat fardhu, inilah maksudnya 'mutlak'...

Pada saat engkau berjalan
Di toko
Di dalam mobil
Di pasar
Di ladang
Di saat bekerja
Di atas atap rumah
Di kandang...

Inilah yang 'mutlak'

Adapun yang 'muqoyyad':

'Muqoyyad' (terikat) dengan waktu akhir selesainya sholat-sholat fardhu...

Sejak sholat subuh pada hari Arofah berakhir hingga sholat Ashar hari terakhir dari hari tasyriq.

Takbir yang Muqoyyad:

Yaitu muqoyyad (terikat) dengan waktu akhir sholat-sholat.

Takbir mutlak:

Mutlak pada selain waktu-waktu sholat, yaitu di waktu-waktu lainnya.

dan semua itu, tidak dilakukan dengan berjama'ah!

Tidak pada muqoyyad
Tidak pula pada mutlak
Akan tetapi, setiap individu bertakbir sendiri-sendiri.

tatkala imam sholat shubuh telah salam dari sholatnya di hari Arofah hingga waktu ashar di akhir hari tasyriq

engkau juga salam, kemudian kalian semua-pun bertakbir membesarkan Alloh (dengan mengucapkan):

اللـهُ أكبر، اللـهُ أكبر، اللـهُ أكبر، لا إلـه إلا اللـه
اللـهُ أكبر، اللـهُ أكبر، ولله الحـمد.

[Allōhuakbar (3x), Lā ilaha illallōh, Allōhuakbar (2x), Walillāhilhamd]

Imam Ahmad bin hambal rohimahulōh ditanya akan dalil masalah bertakbir ini, maka beliau menjawab:
"IJMA'".

Dan Ijma' itu teranggap sebagai salah satu dalil Syar'i.

Kemudian, setelah engkau selesai bertakbir seperti itu tadi, barulah engkau berdzikr sengan dzikr-dzikr biasa yang dimaklumi setelah sholat fardhu lima waktu, itu dikerjakan setelah takbir muqoyyad tadi.

Adapun yang mutlak: sebagaimana telah kalian dengarkan tadi, yaitu dari sejak awal sepuluh hari pertama dzulhijjah... Dalam keadaan engkau di jalan, di rumah, di kandang, di toko, di pasar, ladang, di perpustakaa... Di manapun engkau berada... Di tempat bekerja...dst..

kalian bertakbir membesarkan Alloh, setiap individu kalian...

(اللـهُ أكبر، اللـهُ أكبر، اللـهُ أكبر، لا إلـه إلا اللـه
اللـهُ أكبر، اللـهُ أكبر، ولله الحـمد).

terus engkau ulangi... terus engkau ulangi...terus engkau ulangi... Dengan sejauh segala yang telah Alloh bukakan untukmu dari salah satu syi'ar dari syi'ar-syi'ar Agama..

dan... Bertakbir mutlak atau muqoyyad itu diantara bentuk syi'ar hari Raya, maka hidupkanlah sunnah-sunnah ini...

dan... Orang yang paling besar pahalanya adalah orang yang paling banyak berpegang teguh dengan Agama, dialah yang paling besar pahalanya, dan paling banyak pahalanya dan paling banyak ganjarannya ialah yang paling banyak amalan sholihnya dan paling banyak berpegang teguh dengan sunnah, paling banyak mencocoki tuntunan agama.

sesuai kadar amalannmu...

dan sebagian manusia sungkan/ malu untuk bertakbir...

Yaaaa... Subhanalloh!!!

Seorang biduawanita/ artis menyanyi tanpa malu/ sungkan!!!

Dan engkau malu/ sungkan??!?!?!?...

Ya Alloh... Kuatkanlah kami!.

Rasa sungkan/ malu seperti ini bukan pada tempatnya...

Engkau itu dalam rangka ketaatan...

Engkau itu dalam rangka mendekatkan diri kepada Alloh...

Engkau itu dalam rangka mewujudkan salah satu syi'ar Agama yang telah diacuhkan oleh sebagian manusia...

Engkau sungkan/ malu untuk mengamalkannya?!?!?

Bertakbirlah kepada Allōh Azza Wa Jalla.

Dan, sungguh Alloh telah berfian:

وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ فِي أَيَّامٍ مَعْلُومَات

"Dan berdzikrlah kepada Alloh pada hari-hari yang telah dimaklumi itu". QS. Al Hajj: 28.

"... hari-hari yang telah dimaklumi itu". Adalah sepuluh hari pertama bulan dzulhijjah ini.

dan, Alloh juga berfirman:

وَاذْكُرُوا اللَّهَ فِي أَيَّامٍ مَعْدُودَات

" Dan berdzikirlah (dengan menyebut) Allah dalam beberapa hari yang berbilang". QS. Al Baqoroh: 203.

"... hari yang berbilang", yaitu hari-hari Tasyriq: 3 hari setelah sepuluh hari tersebut.

berdzikirlah kalian... Kepada Alloh Azza Wa Jalla!   Malu/ sungkan? Dari apa?! Dari amalan sholih?! >> hidupkanlah syi'ar ini!.

PERHATIKANLAH!
Jangan sampai kalian tercampur/ salah paham antara Mutlak dan Muqoyyad...

Bertakbirlah setiap selesai sholat dari hari pertama 10 dzulhijjah, berbeda dengan takbir akhir sholat yang muqoyyad, kalo muqoyyad itu sejak hari Arofah hingga akhir hari tasyriq, jadi ada lima hari, muqoyyad/ terikat dengan akhir sholat saja tidak di waktu selainnya.

Adapun pada hari-hari yang di awal itu mutlak, tidak terikat dwngan sholat yang lima waktu."

      

Sumber:
http://goo.gl/cZUAN1
=================

Terjemah:
Al-Ustadz Hudzaifah bin Muhammad.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites