Thursday, July 10, 2014

Sebuah kisah penggugah jiwa pemimpin sejati

Sebuah Kisah Penggugah Jiwa Pemimpin Sejati

��Dikisahkan oleh para ahli sejarah Islam tentang salah satu potongan sejarah seorang penguasa muslim yang shalih lagi kuat dan tangguh serta sangat mencintai kaum muslimin, Umar bin Abdul Aziz rahimahullah:

��Umar bin Abdul Aziz pernah mengirim seorang untusan kepada Penguasa Romawi, maka setelah menemuinya utusan tersebut keluar dari ruangannya seraya berkeliling, tatkala ia melewati salah satu ruangan, ia mendengar seseorang membaca Al-Qur’an sambil membuat adonan, maka ia pun mendatanginya lalu mengucapkan salam atasnya namun orang tersebut tidak membalas salamnya sampai dua atau tiga kali.

��Orang itu pun berkata: Bagaimana mungkin ada ucapan salam di negeri (kafir) ini?

��Sang utusan pun memberitahukan bahwa ia adalah utusan Khalifah Umar kepada Penguasa Romawi. Dan ia berkata: Apa yang terjadi padamu?

��Orang itu menjawab: Aku tertawan di tempat ini dan itu (ketika berjihad), maka aku dibawa untuk menghadap Penguasa Romawi, lalu aku dipaksa masuk Kristen, aku pun menolak. Dia lalu berkata: Kalau kamu tidak mau maka aku akan membutakan dua matamu.

☑Aku pun memilih agamaku dibanding mataku, maka ia membutakan mataku dan menahanku di tempat ini, dan dikirimkan kepadaku setiap hari sebiji gandum untuk kuadon dan sepotong roti untuk kumakan.

��Maka sang utusan segera pulang menemui Umar bin Abdul Aziz, lalu ia mengabarkan berita tawanan muslim tersebut. Utusan berkata: Aku belum selesai bercerita tentang kisahnya, namun aku melihat air mata Umar bercucuran deras hingga membasahi di antara kedua tangannya, kemudian beliau memerintahkan untuk segera menulis surat kepada Penguasa Romawi:

��Baca Selengkapnya:
��http://forumsunnah.net/sebuah-kisah-penggugah-jiwa-pemimpin-sejati/

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites