Monday, March 24, 2014

Doa Nabi shollallahu ' alaihi wasalllam Ketika Selesai Shalat Subuh

Telah tsabit sebuah hadits yang terdapat dalam musnad Imam Ahmad dan Sunan Ibnu Majah dari jalan Ummu Salamah radhiyallahu 'anha:
Bahwasanya Nabi shollallahu ' alaihi wasallam, apabila beliau sholat shubuh maka beliau berdo'a ketika mengucapkkan salam (setelah salam)
"Ya Allah ! Sesungguhnya saya meminta kepadaMu : ilmu yang bermanfaat, rezky yang baik, dan amalan yang di terima"
Apa penyebab datangnya do'a pada waktu tersebut ? Jawabannya: Hal ini dikarenakan waktu shubuh  merupakan permulaan hari, dan seorang muslim tidak ada sesuatu yang diinginkan kecuali perkara yang disebutkan pada hadits, dan seakan -akan dia  membatasi perkara yang dia inginkan pada hari tersebut. Maka perkataan beliau ini di ucapkan pada setiap shubuh, dikarenakan isti'aanah (minta pertolongan) Rasulullah kepada Allah azza wajalla, agar Allah mengabulkan dan memberikan apa yang beliau pinta didalam do'anya yang penuh berkah.

Mengapa Rasulullah shollallahu 'alaihi wasallam memulai doa'nya dengan "ilmu yang bermanfaat"

Hal ini merupakan satu isyarat bahwasanya ilmu  yang bermanfaat adalah seseuatu yang dikedepankan dan dengan ilmu inilah seorang beramal, sebagaimana Allah berkata yang artinya:
(Ketahuilah {berilmulah} bahwasanya tidak ada ilah yang berhak diibadahi kecuali Allah dan minta ampunlah kamu terhadap dosamu...
[QS.Muhammad :19]

Maka Allah memulai pada ayat ini dengan "ilmu" sebelum berbuat dan beramal. Dan memulai dengan ilmu terdapat hikmah padanya: Dikarenakan dengan ilmu seseorang bisa membedakan diantara amalan yang sholeh dengan amalan yang tidak sholeh, dan diantara rezki yang baik dgn rezki yang tidak baik.
?Mengapa Rasulullah memberikan ikatan pada do'a beliau:
1.Ilmu, yaitu ilmu yang bermanfaat

2.Rezki, yaitu rezki yang baik

3.Amalan, yaitu amalan yang diterima, Dikarenakan ilmu itu ada dua jenis:
1.ilmu yang bermanfaat
2.ilmu yang tidak bermanfaat, dan ilmu yang paling agung adalah ilmu yang bisa mendekatkan diri seorang hamba kepada Rabb-Nya dan memberikan pengetahuan terhadap agamanya.
Dan dikarenakan rezki itu ada dua jenis:
1.Rezki yang jelek (kotor).
2.Dan rezki yang baik. Dan Allah ta'aala itu maha baik dan Dia tidak menerima kecuali seseatu yang baik, dan sepantasnya bagi seorang muslim untuk mengusahakan /mencari harta yang halal.
Dan amalan yang diterima: Ini merupakan satu isyarat ?Bahwasanya tidaklah setiap amalan yang seorang hamba mendekatkan diri kepada Allah dengan amalan tersebut diterima disisi Allah, akan tetapi amalan yang diterima adalah amalan yang sholeh. Dan amalan yang sholeh adalah amalan yang di bangun diatas keikhlasan kepada Allah dan di atas petunjuk Nabi shollallahu'alaihi wasallam.                                             Maka sepantasnya bagi seorang muslim untuk memelihara do'a yang seperti ini setiap shubuh dan dan membarengi do'a tersebut dengan amalan, agar dia memperoleh kebaikan yang banyak.                                       Dan Allahlah semata yang menentukan setiap kebaikan.

Fiqhul Ad'iyati Wal Adzkaar: oleh syeikh Abdurrazzaq Al badr hafidzhohullah.

,WA Ta'zhim As sunnah Riau.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites