Thursday, February 27, 2014

Hikmah mengapa adzab kubur tidak nampak bagi manusia.

Hikmah mengapa adzab kubur tidak nampak bagi manusia.

Asy-Syeikh Al-'Utsaimin -rohimahullah- menyebutkan hikmah di balik hal tersebut:

1. Apa yang diisyaratkan oleh Nabi shollallahu 'alaihi wa sallam melalui sabda beliau: (seandainya kalian tidak saling menguburkan, niscaya aku akan berdo'a kepada Allah agar memperdengarkan kepada kalian dari adzab kubur).

2. Bahwasanya tidak dinampakkannya (adzab kubur) tersebut, adalah menutupi (aib) orang yang telah meninggal.

3. Bahwa di dalamnya (tidak nampaknya adzab kubur), terdapat (hikmah agar) tidak menjadikan keluarganya cemas, sebab jika keluarganya mendengar orang yang telah meninggal disiksa dan berteriak, maka mereka (keluarganya) tidak akan merasakan ketenangan.

4. Agar tidak mempermalukan keluarganya, sebab orang-orang akan berkata: ini adalah anak kalian! Ini ayah kalian! Ini saudara kalian! (yang mana mereka sedang disiksa) dan yang semisalnya.

5. Bisa-bisa kita binasa (mendengarnya), karena suara teriakan tersebut bukan suara yang ringan,  tapi suara yang mengharuskan jantung kita copot dari gantungannya, maka manusia akan meninggal (karenanya) atau pingsan.

6. Seandainya manusia mendengar jeritan mereka yg disiksa, maka keimanan terhadap adzab kubur adalah keimanan terhadap hal yang disaksikan, bukan lagi keimanan terhadap hal ghaib, dan jika seperti ini (maka) akan luput maslahat dari ujian, karena manusia akan beriman terhadap apa yang mereka saksikan secara pasti, akan tetapi jika (hal tersebut) ghaib (tersembunyi) dari mereka, dan mereka tidak mengetahuinya kecuali melalui khabar (dalil-dalil), maka jadilah (hal itu) adalah keimanan terhadap hal yang ghaib.

Disarikan dan dibahasakan secara bebas dari kitab Syarah Al-Aqidah Al-Wasithiyyah 2/118-119 cet. Dar Ibn Al-Jauzy.
Wallahu a'lam

_______
Oleh: Al-Ustadz Irfan - Mahasiswa Jami'ah Islamic Universty Madinah Suadi Arabiyyah.

(COPY-PASTE dari Grup WA Silsilah Durus)

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites